Setelah melakukan integrasi produk, maka ketika ada order masuk ke Tokopedia data order tersebut akan otomatis tersimpan di Ngorder. Dan selanjutnya status orderan akan terupdate otomatis.

Anda tidak bisa mengedit order dalam status apapun. Anda hanya bisa memasukkan nomor resi dan membatalkan order tapi dalam kondisi tertentu seperti penjelasan di bawah ini.

Berikut status orderan di Tokopedia dan Ngorder:

  1. Status order di Tokopedia adalah UNPAID/Belum Bayar.
    Data orderan Tokopedia akan otomatis tersimpan di Ngorder dengan status Menunggu Pembayaran. Dalam status ini Anda tidak bisa mengedit order, mengupdate pembayaran, dan membatalkan order.
Status Unpaid/Belum Bayar


2. Perubahan status dari UNPAID/Belum Bayar ke READY_TO_SHIP/Siap dikirim.
Pada status ini, status orderan Tokopedia di Ngorder akan otomatis terupdate menjadi Order Diproses. Jika kurir yang dipilih oleh customer merupakan resi otomatis (seperti J&T), maka Anda tidak dapat menginput resi secara manual. Tetapi jika kurir yang dipilih bukan resi otomatis, maka Anda dapat menginput resi baik dari Ngorder maupun dari Tokopedia.

Status Ready_to_Ship/Siap Dikirim

Jika Anda menginput resi di Ngorder, maka akan otomatis mengupdate resi di Tokopedia, dan sebaliknya. Di status ini Anda juga dapat membatalkan orderan Tokopedia dari Ngorder dan orderan di Tokopedia juga akan otomatis dibatalkan. Ketika ada proses pembatalan, maka stok produk di Tokopedia maupun di Ngorder akan menyesuaikan.

3. Perubahan status dari READY_TO_SHIP/Siap dikirim ke SHIPPED/Dikirim.
Pada status ini, data orderan Tokopedia di Ngorder akan otomatis terupdate menjadi Paket dalam proses pengiriman. Pada status ini Anda tidak bisa membatalkan order baik dari Tokopedia maupun dari Ngorder.

Status Shipped/Dikirim

4. Perubahan status dari SHIPPED/Dikirim ke COMPLETED/Selesai.
Pada status ini, data orderan Tokopedia di Ngorder akan otomatis terupdate menjadi Paket diterima customer.

5. Perubahan status menjadi CANCELED/Pembatalan.
Pada status ini, data orderan Tokopedia di Ngorder akan otomatis masuk ke menu Order > Canceled dan stok akan menyesuaikan. Proses cancel order bisa dilakukan pada kondisi berikut :

Data order dibatalkan

a. Cancel order dari Tokopedia bisa dilakukan ketika order dalam status:
- UNPAID : hanya bisa dilakukan oleh customer.
- READY_TO_SHIP : bisa dilakukan oleh seller atau bisa juga melalui pengajuan dari customer dan disetujui oleh seller.
- Cancel otomatis ketika order pada batas yang ditentukan Tokopedia, seperti order tidak dibayar atau order tidak dikirim.

b. Cancel order Tokopedia dalam status READY_TO_SHIP