Setelah proses otorisasi, Anda dapat memulai untuk mengintegrasikan data produk di Shopee dengan data di akun Ngorder Anda. Langkah ini diperlukan agar stok produk di Shopee dan Ngorder dapat sinkron, dan data orderan Shopee dapat otomatis masuk ke Ngorder.

Untuk memulai mengintegrasikan data produk, ikuti langkah-langkah berikut ini:

  1. Login ke akun Ngorder Anda di https://app.ngorder.id
  2. Masuk ke menu Produk.
  3. Klik tombol icon tiga titik, lalu pilih Import Shopee.

4. Apabila sebelumnya sudah pernah melakukan import data, maka akan muncul pop-up seperti ini:

5. Klik Import Ulang untuk mendapatkan data produk terbaru dari Shopee. Jika ingin melanjutkan sinkronisasi produk, bisa dengan menekan tombol Sinkron Produk.

6. Setelah itu akan muncul proses loading, tunggu hingga selesai. Lamanya waktu loading bergantung pada jumlah produk yang ada di Shopee Anda.

Proses sinkronisasi produk Shopee dengan Ngorder

7. Apabila produk Anda di Shopee terlalu banyak (lebih dari 500 produk), maka Anda akan diarahkan ke halaman menu Produk untuk menunggu hingga proses selesai. Jika sudah selesai, maka akan muncul peringatan seperti pada gambar di bawah ini. Selanjutnya, klik tombol Integrasi Sekarang.

Sinkronisasi Produk

8. Setelah proses selesai, Anda akan diarahkan ke halaman Product Sync. Pada halaman ini akan muncul daftar produk Shopee Anda.

9. Pada halaman Product Sync terdapat 3 tombol, yaitu:
a. Semua Produk : menampilkan semua produk Shopee, baik produk baru maupun produk yang auto sync oleh sistem.
b. Produk Tersinkron : menampilkan produk Shopee yang auto sync oleh sistem.
c. Produk Baru : menampilkan produk baru Shopee yang belum ada di database Ngorder.

Nama produk di Ngorder dan Shopee sama, sehingga akan tersinkronisasi otomatis

10. List produk Shopee ditampilkan berdasarkan varian. Ada beberapa ketentuan untuk melakukan sync data produk Shopee dengan Ngorder, yaitu :
a. Jika nama item produk yang tersimpan di Ngorder sama dengan yang tersimpan di Shopee, maka di kolom Sync akan secara otomatis mengisi.

b. Jika perbedaan nama terlalu jauh, maka kolom sync akan kosong dan nama item produk harus diketik (input manual) di kolom Sync agar produk terintegrasi.

c. Jika di Ngorder terdapat data produk dengan hanya memiliki 1 varian, sedangkan data produk tersebut di Shopee memiliki lebih dari 1 varian, maka cukup 1 varian tersebut yang dilakukan sinkronisasi data. Varian lain secara otomatis akan tersinkron menjadi varian baru di Ngorder.

d. Untuk jumlah stok pada produk yang sudah sinkron, secara default akan dipilih stok yang paling besar (kecuali Anda sudah melakukan setting terlebih dahulu pada menu Addons). Misalnya stok di Shopee adalah 5 pcs dan stok di Ngorder adalah 10 pcs, maka stok di Shopee akan berubah menjadi 10 pcs. Anda juga dapat menentukan secara manual stok mana yang ingin dipilih yaitu dengan klik tombol hijau di sebelah angka stok.

e. Apabila proses sinkronisasi produk belum selesai, Anda dapat melanjutkan dengan mengakses halaman Product Sync di https://app.ngorder.id/shopee/product_sync

f. Apabila Anda ingin mengalihkan integrasi ke produk yang lain, Anda bisa terlebih dahulu menghapus sinkronisasi produk sebelumnya dengan klik icon Silang (X).

Hapus Sinkronisasi

g. Apabila ada data produk Shopee yang tidak ingin diintegrasikan, Anda dapat menghapusnya dengan klik icon Tong Sampah yang ada di sisi kanan data produk. Fungsi ini hanya menghapus data produk Shopee di database Ngorder, jadi tidak mempengaruhi data di akun Shopee Anda.

11. Checklist produk yang ingin diintegrasikan.

12. Klik tombol Sinkron Produk.

13. Produk yang berhasil disinkronkan akan hilang dari halaman Product Sync.