Kupon adalah fitur yang dapat digunakan oleh customer saat checkout di halaman storefront. Anda dapat memanfaatkan fitur ini untuk meningkatkan penjualan dengan cara memberikan diskon belanja bagi customer yang melakukan order via halaman storefront Anda.

Sebelumnya, Anda perlu melakukan pengaturan fitur kupon, seperti menentukan kode kupon, masa berlaku kupon, memilih target kupon, dan lain-lain. Caranya sebagai berikut :

  1. Masuk ke menu Addons > Storefront > Setting.
  2. Pilih tab Kupon

2.   Untuk membuat kupon baru, klik tombol Buat Kupon.

Form Tambah Kode Kupon

3.  Silakan input Kode Kupon yang ingin Anda aktifkan. Kode kupon terdiri dari 4-10 karakter Alphanumeric.

4.  Pilih jenis nominal potongan, apakah diskon berupa Persentase atau Nominal Rupiah.

  • Jika memilih Persentase, silakan input persentase diskon yang Anda berikan beserta maksimal potongan.
  • Jika memilih Nominal Rupiah, silakan input nominal diskon dalam rupiah.

5.  Lalu tentukan Minimal Pembelian, artinya kupon hanya berlaku jika total belanja (tidak termasuk ongkir) tidak kurang dari nominal minimal pembelian.

6.  Setelah itu, silakan tentukan Kuota customer Anda yang dapat menggunakan kode kupon tersebut. Jika tidak terdapat kuota (unlimited), silakan dikosongkan saja.

7. Jika sudah, silakan set Limit Pemakaian Tiap Akun. Dengan fitur ini, Anda bisa membatasi pemakaian kupon dalam 1 customer.

8. Selanjutnya setting Masa Berlaku Kupon, diantaranya tanggal dan waktu mulai berlakunya kupon serta tanggal dan waktu berakhirnya kupon.

e

9. Setelah itu, Anda dapat menentukan Target Kupon berdasarkan kategori customer dengan cara checklist di kategori. Misalnya, Anda hanya ingin kategori Pelanggan saja yang dapat menggunakan kupon, maka silakan checklist pada kategori Pelanggan.

10.  Lalu, set Status Kupon.

9. Jika semua field sudah diisi, klik tombol Simpan Coupon.